Produk & Layanan

Pelayanan Perusahaan

Secara konsisten memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas untuk membantu para pelanggan tumbuh dan berkembang

Layanan kapal dapat digambarkan dengan ilustrasi berikut ini. Misalnya, sebuah kapal barang hendak masuk ke pelabuhan yang dikelola IPC. Kapal barang tersebut harus berlabuh di luar pelabuhan, lalu syahbandar memeriksa kelengkapan dokumennya.

Tujuannya untuk menentukan apakah kapal barang tersebut layak laut dan telah memenuhi ketentuan keselamatan pelayaran. Selain itu petugas bea cukai, imigrasi, serta dinas kesehatan dan karantina melakukan tugasnya di sini. Sambil menunggu pemeriksaan dari petugas yang bersangkutan, serta menunggu informasi dari pelabuhan berkaitan dengan bisakah bersandar di dermaga, maka kapal
tersebut dikenakan biaya jasa labuh.

Bila informasi dari dermaga menyatakan ada tempat kosong untuk bersandar, maka kapal barang tersebut segera berangkat menuju pelabuhan dan dermaga. Untuk menjaga keselamatan awak dan keamanan kapal, maka mesin kapal dimatikan, karena kedalaman lautnya kian berkurang.

Kapal barang berjalan dengan mesin mati yang terikat tambang di antara dua kapal tunda yang berada di depan dan di belakang. Orang yang memandu kapal untuk masuk dan keluar pelabuhan dinamakan jasa pandu. Perjalanan kapal barang masuk ke pelabuhan
menuju dermaga ini dikenakan biaya jasa tunda dan jasa pandu.

Ketika mendekat dermaga, posisi diambil alih kapal kepil untuk membantu menambatkan kapal di dermaga. Di sini dikenakan biaya jasa kepil dan jasa tambat. Begitu pula sebaliknya saat kapal barang berangkat dari dermaga menuju laut lepas, dikenakan biaya jasa kepil, jasa pandu, dan jasa tunda.

JASA LABUH
Deskripsi : Jasa yang diberikan terhadap kapal agar dapat berlabuh dengan aman menunggu pelayanan berikut seperti tambat, bongkar muat atau menunggu pelayanan lainnya (docking, pengurusan dokumen dan lain-lain).
Fitur :

  • Menghindari kemungkinan bertabrakan dengan kapal lain yang sedang berlabuh.
  • Memastikan kedalaman air agar kapal tidak kandas. Tidak menunggu alur pelayaran.

JASA PANDU
Deskripsi : Jasa pemanduan kapal sewaktu memasuki alur pelayaran menuju dermaga atau kolam pelabuhan untuk berlabuh.
Fitur : Untuk menjaga keselamatan kapal, penumpang dan muatannya ketika memasuki alur pelabuhan.

JASA TUNDA DAN KEPIL
Deskripsi : Melaksanakan pekerjaan untuk mengikat dan melepaskan tali kapal-kapal yang berolah gerak akan bersandar atau bertolak dari atau satu dermaga, jembatan, pelampung, dolphin dan lain-lain.

JASA TAMBAT
Deskripsi : Jasa yang diberikan utuk kapal bertambat pada tambatan dan secara teknis dalam kondisi yang aman, untuk dapat melakukan bongkar muat dengan lancar dan aman.
Fitur : Untuk menghindari ineffisiensi karena penggunaan tambatan tidak optimal.

JASA PELAYANAN AIR
Jasa yang diberikan untuk penyerahan air tawar dari darat ke kapal untuk keperluan kapal dan Anak Buah Kapalnya.

JASA TELEPON
Deskripsi : Jasa yang diberikan untuk pelayanan telepon extention dari darat ke kapal untk kepentingan kapal dan Anak Buah Kapal.

LAYANAN BARANG

Layanan barang (kargo) terdiri dari jasa dermaga umum, dermaga khusus, jasa lapangan, dan jasa gudang. Jasa tersebut merupakan jasa yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Namun dalam pelaksanaannya, bekerja sama dengan anak-anak perusahaan, IPC menjalankan pelayanan terpadu. IPC menyediakan pelayanan bongkar muat mulai dari kapal hingga penyerahan ke pemilik barang

Sebuah kapal barang yang bersandar di dermaga melakukan aktivitas bongkar muat barang di dermaga maka kapal tersebut dikenakan biaya jasa dermaga. Barang lalu dikirim ke penumpukan lapangan atau gudang maka dikenakan biaya jasa penumpukan.

Layanan rupa-rupa merupakan jasa layanan yang menunjang kegiatan yang ada di pelabuhan, meliputi jasa sewa alat-alat pelabuhan, penyediaan listrik, dan telepon. Misalnya pihak kapal barang menyewa alat derek (crane) untuk mengangkat atau memindahkan barang saat di kapal atau di dermaga. Untuk hal tersebut kapal barang dikenakan biaya sewa crane. Begitu juga dengan penggunaan listrik dan telepon.

Layanan penumpang IPC melayani kapal-kapal yang mengangkut penumpang domestik, misalnya antarpulau atau antarprovinsi.

Jasa Bongkar Muat
Kegiatan pelayanan bongkar muat barang sejak dari kapal hingga saat menyerahkan kepada pemilik barang.
Fitur : 

  • Stevedoring, yaitu kegiatan yang dilakukan sejak membongkar/memuat di palka kapal hingga melepas ganco di dermaga.

  • Corgodoring, yaitu menyusun barang sejak dari dermaga hingga ke gudang/lapangan atau sebaliknya.

  • Receiving/Delivery, yaitu pekerjaan menyerahkan atau menerima barang di pintu gudang lini I dari/ke atas truk atau sebaliknya.

Pelayanan Dermaga
Pelayanan penangan barang di dermaga.
Fitur : Mengatur kelancaran arus barang di dermaga.

Jasa Penumpukan
Pelayanan penumpukan barang di gudang sampai dengan dikeluarkan dari tempat penumpukan untuk dimuat atau diserahkan kepada pemilik.
Fitur :

  • Menentukan ruang tempat penumpukan.
  • Mengatur penggunaan dan ketertiban ruang penumpukan.
  • Menenliti kebenaran jumlah koli ukuran, kondisi kemasan dan jenis barang yang keluar/masuk ke dan dari tempat penumpukan serta ukuran barang yang dibongkar muat.
  • Memungut dan menerima sewa penumpukan dan uang dermaga sesuai ketentuan yang berlaku.

IPC juga mengembangkan kegiatan usaha lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya, yang meliputi, jasa angkutan, jasa persewaan perbaikan fasilitas, dan peralatan, jasa perawatan kapal dan peralatan di bidang kepelabuhanan, serta jasa pelayanan alih muat dari kapal ke kapal (ship to ship transfer).

Jasa ikutan lainnya adalah properti di luar kegiatan utama kepelabuhanan yaitu kawasan industri, fasilitas pariwisata dan perhotelan, jasa konsultan dan surveyor kepelabuhanan, jasa komunikasi dan informasi, jasa konstruksi kepelabuhanan, jasa forwarding/ekspedisi, jasa kesehatan, perbekalan dan catering, tempat tunggu kendaraan bermotor dan shuttle bus, jasa penyelaman (salvage), jasa tally, jasa pas pelabuhan, serta jasa timbangan.

Selain aktif menjalankan kegiatan pengelolaan pelabuhan, IPC juga berusaha di bidang lain yang relevan seperti menyewakan tanah, bangunan dan fasilitas pendukung lain yang diperlukan dalam kegiatan kepelabuhanan. Dalam menjalankan kegiatan operasi dan pengusahaan pelabuhan, Perseroan mengadakan Kerja Sama Mitra Usaha (KSMU) dengan beberapa mitra usaha dari pihak swasta seperti kerja sama terminal operator, kapal tunda, dan pengelolaan fasilitas pelabuhan lainnya.

Jasa Persewaan alat-alat Pelabuhan
Penyewaan alat ini bertujuan untuk menunjang kegiatan bongkar muat agar memenuhi sasaran yaitu : cepat dan tepat waktu, efisien dan tidak menimbulkan ekonomi biaya tinggi.

Fitur : Fasilitas persewaan jasa tersebut adalah :

  1. Forklift
  2. Kran (darat, apung dan listrik)
  3. Kapal Tunda
  4. Motor Boat
  5. Alat pemadam kebakaran

Penyediaan Listrik
Penyediaan listrik di pelabuhan sebagai alat untuk menunjang industri yang malalui :
a. Sambungan tetap.
b. Sambungan sementara.

Pelayanan Jasa Lainnya
Deskripsi :

  1. Persewaan Tanah, Perairan dan Bangunan
  2. Pas Pelabuhan
  3. Imbalan Jasa alat-alat bongkar muat
  4. Biaya Administrasi