IPC GROUP

Anak Perusahaan


PT. Electronic Data Interchange Indonesia (PT EDII) bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi, teknologi informasi, jaringan electronic data interchange, distribusi peralatan komunikasi, pemasangan instalasi dan peralatan komunikasi.

Perusahaan ini menyediakan jasa pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange – EDI), yaitu proses transfer data yang terstruktur, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya untuk memudahkan proses pertukaran data transaksi antar perusahaan. Jasa layanan EDI yang diberikan mulai dari Value Added Network (VAN) dengan jaminan keamanan lalu lintas data secara maksimum, Konsultansi, implementasi, instalasi dan integrasi sistem, sampai dengan pelatihan.

Berdiri pada bulan Juli 1995, kepemilikan saham di PT EDI Indonesia terdiri dari 51% Perseroan dan 49% saham PT Sisindosat Lintas Buana, yaitu anak perusahaan PT Indosat. Dalam perkembangannya terjadi pengalihan seluruh saham PT Sisindosat Lintas Buana kepada PT Sisindokom Lintas Buana. Meningkatnya kebutuhan akan jasa elektronik di berbagai bidang diantisipasi oleh PT EDII dengan memperkuat dan mengembangkan berbagai produk dan jasa mencakup pengembangan produk dan jasa untuk komunitas bea dan cukai, komunitas pelabuhan juga komunitas ritel dan perbankan. PT EDII juga melakukan perluasan cakupan layanan dengan membangun jaringan di kota-kota strategis, interkoneksi dengan jaringan-jaringan lain, meningkatkan tingkat keamanan jaringan dan penyediaan solusi menyeluruh kepada pelanggan.

Anda dapat menghubungi PT EDI Indonesia melalui:
Alamat : Wisma SMR Lt.10 Jl. Yos Sudarso Kav 89, Jakut 14350
Telpon : 62-21-6505829 Fax 62-21-6505987


PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) adalah anak perusahaan yang bergerak dalam tiga segmen usaha yaitu Multi Purpose Terminal, Container Terminal dan Freight Forwarding. Perusahaan ini merupakan hasil spin off dari Divisi Usaha Terminal (DUT) di bawah Cabang Pelabuhan Tanjung Priok. PT MTI yang didirikan pada 15 Februari 2002 bertujuan untuk mengoptimalkan potensi bisnis dan memperkuat keunggulan bersaing sebagai penyedia jasa kepelabuhanan. Komposisi kepemilikan saham PT MTI terdiri dari 99% saham Perseroan dan 1% sahamnya dimiliki Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar).

Visi dari PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) adalah menjadi perusahaan jasa terminal dan logistik yang terkemuka dengan misi untuk menjalankan usaha pelayanan jasa terminal multipurpose, terminal container dan logistik secara profesional.

Anda dapat menghubungi PT MTI melalui:
Alamat : JL.Pulau Payung No.1 Tanjung Priok Jakarta 14310
Telpon : 62-21-4391 0736
Fax : 62-21-4391 0715
Website : www.multiterminal.co.id


PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT) merupakan perusahaan afiliasi Perseroan yang didirikan pada tahun 1999. Sahamnya mayoritas dimiliki Hutchison Port Holding Group (HPH Group) sebesar 51%. Sisanya 48,9% dimiliki Perseroan dan 0,1% dimiliki Koperasi Pegawai Maritim.

Bidang usaha PT JICT adalah pelayanan bongkar muat petikemas baik ekspor maupun impor di Pelabuhan Tanjung Priok. Pada awal berdirinya, PT JICT mampu menangani 1,8 juta TEUs dan meningkat hingga 2,4 juta TEUs pada akhir 2007. Dengan lingkup operasional dan kapasitas yang ada, PT JICT merupakan terminal petikemas terbesar dan tersibuk di Indonesia. Dengan penambahan dermaga sepanjang 552 m dan lapangan penumpukan seluas 3,5 Ha, kini PT JICT mampu melayani arus petikemas melalui Pelabuhan Tanjung Priok hingga 3 juta TEUs per tahun.

JICT memiliki lokasi strategis di jantung wilayah Jawa Barat. Dalam rangka mengoptimalisasi pelayanan dan dukungan pada pertumbuhan ekonomi nasional, JICT telah memulai sejumlah proyek perluasan sejak tahun 2008, termasuk pada penambahan dermaga dan halaman penumpukkan, penggunaan sistem operasi terminal yang cangging dan sistem gerbang otomatis pertama di Indonesia.

JICT telah terakreditasi standar ISO 9002 dan bertujuan untuk menyediakan layanan terbaik melalui dedikasi tenaga kerja kami yang berpengalaman dan penerapan teknologi di era terbaru.

Selain menjadi pelopor 100% terminal steril yang memberikan keamanan, keselamatan dan kebersihan di setiap lini di lingkungannya, JICT menyediakan layanan berkualitas kepada lebih dari 20 perusahaan pelayaran dengan rute langsung ke lebih dari 25 negara dan berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang cepat, efisien dan layanan yang handal 24 jam sehari, sepanjang tahun.

Anda dapat menghubungi JICT melalui:
Alamat : Jalan Sulawesi Ujung No. 1 Tanjung Priok - Jakarta 14310 Republic of Indonesia
Phone : 62-21-43905111
Fax : 62-21-43902454
Website : http://www.jict.co.id/


TPK Koja merupakan kerja sama operasi antara Perseroan dengan PT Ocean Terminal Petikemas yang kemudian dialihkan ke Hutchison Ports Indonesia. KSO mulai beroperasi sejak tahun 1998 dan saat ini PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) memiliki 55% kepemilikan saham. Dengan areal yang tersedia, TPK Koja mampu menampung petikemas untuk impor hingga 7.500 TEUs dan untuk ekspor hingga 6.700 TEUs. Pada tahun 2003 dilakukan penambahan panjang dermaga 200 m sekaligus penyediaan peralatan bongkar muat petikemas demi meningkatkan pelayanan.

Anda dapat menghubungi KSO Terminal Petikemas Koja melalui :
Alamat : Jl Timor No. 1 Tanjung Priok Jakarta Utara 14310
Telp : +62 21 4374142-3
Fax : +62 21 4374150
E-mail : tpkkoja@rad.net.id


Meski secara resmi baru masuk sebagai anak perusahaan pada bulan Mei 1999, sejarah PT Rumah Sakit Pelabuhan (PT RSP) dapat dikatakan berdampingan dengan sejarah perusahaan induknya. Cikal bakal PT RSP adalah Port Health Center (PHC) yang didirikan pada 21 Agustus 1971. Pada 21 Maret 1972, PHC bergabung dengan Rumah Sakit Pelayaran dan berubah nama menjadi Rumah Sakit Pelabuhan pada 20 Mei 1978.

Perubahan status dari Perusahaan Umum (Perum) Pelabuhan menjadi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) membuat status Rumah Sakit Pelabuhan pun ikut berubah. Pada tahun 1999 RSP secara resmi menjadi badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas sekaligus menjadi anak perusahaan Perseroan. Komposisi kepemilikan Saham di PT RSP terbagi atas 99,52% milik Perseroan dan 0,48% milik Koperasi Pegawai Maritim (Kopegmar).

PT RSP membawahi empat rumah sakit yaitu RSP Jakarta, RSP Cirebon, RSP Boom Baru Palembang dan RS Port Medical Center, Jakarta memiliki tujuan melayani kesehatan pegawai pelabuhan dan keluarga pegawai, perusahaan pelanggan dan juga masyarakat umum. Disamping membawahi 4 (empat) Rumah Sakit , PT.Rumah Sakit Pelabuhan juga mengelola unit BAPEL JPKM (Badan Penyelenggara Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat). BAPEL JPKM didirikan pada tanggal 19 juli 2001 dengan ijin Menteri Kesehatan No HK.00.06.1.8.1316.

Anda dapat menghubungi PT Rumah Sakit Pelabuhan melalui :
Alamat : JL.Kramat Jaya Tanjung Priok Jakarta 14260
Telpon : 62-21- 44837582
Fax : 62-21- 44837581
Website : http://rspelabuhan.com/


Mata rantai industri logistik sangat panjang dan melibatkan beragam pelaku (swasta-pemerintah; besar-kecil). Agar terjadi kolaborasi yang efektif dan efisien, diperlukan platform komunitas. Perlu penyedia jasa ICT yang didedikasikan untuk melayani pelaku industri logistik dan mampu menyediakan solusi terbaik, efisien serta mudah diakses semua pihak. Penyedia jasa tersebut harus netral dan dapat dipercaya. Untuk memfasilitasi hal tersebut, TELKOM dan IPC menghadirkan ILCS. Cost of logistics Indonesia harus setara benchmark terbaik.

PT integrasi Logistik Cipta Solusi didirikan pada 21 September 2012 yang merupakan hasil kerjasama antara PT Pelabuhan Indonesia II dan PT Multimedia Nusantara. Pendirian PT ILCS bertujuan untuk menyediakan layanan e-trade logistic dimana pemangku kepentingan (stakeholder) pelabuhan dapat memperoleh fasilitas untuk mengendalikan dan mengelola aliran barang, aliran dokumen dan pembayaran, serta pengelolaan aset mereka dengan efektif dan efisien.

Bidang usaha yang dijalankan oleh ILCS adalah penyelenggaraan jasa layanan e-trade logistic dan jasa lainnya meliputi jasa pengolahan data, jasa e-commerce, konsultasi bidang komputer dan rekayasa informatika, jasa pembuatan perangkat lunak (software) dan jasa penyedia dan pemanfaatan multimedia melalui perangkat telekomunikasi.

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh ILCS diantaranya:

  • Menjalankan usaha-usaha dibidang jasa pengolahan data yang mencakup sistem katalog dan kode identifikasi material serta peralatannya, equipment Part List dan Stock Cheek.
  • Menjalankan usaha-usaha dibidang jasa e-commerce meliputi kegiatan transaksi perdagangan barang dan atau jasa melalui media jaringan elektronika, internet, telepon, televisi ataupun media elektroniklainnya serta kegiatan usaha yang terkait.
  • Menjalankan usaha-usaha dibidang konsultasi bidang komputer dan rekayasa informatika serta kegiatan usaha terkait.
  • Mejalankan usaha-usaha dibidang jasa pembuatan perangkat lunak (software), meliputi perencanaan dan pengerjaan (development dan implementasi), pemeliharaan (maintenance) serta kegiatan usaha terkait.
  • Menjalankan usaha-usaha dibidang jasa penyediaan dan pemanfaatan multimedia melalui perangkat telekomunikasi serta kegiatan terkait.
  • Menjalankan usaha-usaha dibidang jasa konsultan teknologi informasi

ILCS hadir untuk kemajuan ekonomi Indonesia. Membangun soft infrastructure agar semua pemilik dan pelaku usaha logistik memiliki layanan dan platform ICT terbaik yang memungkinkan mereka bersaing di tingkat global. Mengusung visi menjadi platform utama dalam perdagangan nasional logistik dan menjadi pemain kelas dunia.

Anda dapat menghubungi PT Integrasi Logistik Cipta Solusi melalui :
Alamat : Plasa Telkom Jakarta Utara Lt. 4,
Jl Yos Sudarso Kav 23-24 RT/RW 09/06, Kel. Kebon Bawang,
Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Telp : +62 21 4393 2555
Fax : +62 21 4393 6555


PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia atau lebih dikenal sebagai IPC Corporate University didirikan dengan tujuan mengembangkan infrastruktur lunak dalam industri kepelabuhan dan logistik. Untuk itu IPC Corporate University telah mendesain beragam program pembelajaran guna meningkatkan kapabilitas para profesional logistik dengan membangun keterampilan fungsional dan teknis serta membangun jiwa kepemimpinan.


Cabang Pelabuhan


Pelabuhan yang terletak di Kabupaten Sambas


Pelabuhan Kawasan Ketapang


Pelabuhan Kawasan Nipah Kuning


Kawasan Pelabuhan Teluk Air